Inovasi : Serupa tapi tak sama Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Assalamaulaykum Wr. Wb 

Jika anda pernah mendengar istilah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi mungkin anda telah mengetahui perbedaan dari kedua kata tersebut, ingin tahu lebih lanjut? saya akan tulis dengan pendapat saya antara SI (Sistem Informasi) dengan TI (Teknologi Informasi)
*Bukan Teknik Infomatika atau Industri ya hehe


1.Definisi SI
Menurut beberapa sumber yang saya kutip, saya menyimpulkan bahwa Sistem Informasi adalah sebuah satu kumpulan yang mengkoordinasikan jaringan dari sebuah komponen, yang mana bertindak secara bersama kepada produksi, distribusi, dan / tatau pemrosesan informasi.

Menurut sebuah paper Sistem Informasi didefinisikan suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.

Nah selanjutnya apa itu Teknologi Informasi?

*

2. Definisi TI
Menurut sumber yang saya dapatkan Teknologi Infomrasi adalah studi sebuah struktur, tingkah laku, dan interaksi yang menggabungkan komputer dengan alat komunikasi untuk menyimpan, menerima, dan memanipulasikan penyimpanan data .

Salah satu sumber yang saya ambil, Teknologi Informasi didefinisikan yaitu hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
 
3. Perbedaan SI dan TI
 Dari definisi kita dapat mengetahui dimana perbedaan antara sistem informasi dan teknologi informasi. 

Sistem Informasi mempunyai istilah umum untuk sistem, orang, dan proses yang direncanakan untuk membuat, menyimpan, memanipulasikan, mendistribusikan, dan menyebarkan informasi. Bidang sistem informasi menjembatani antara bisnis dengan sains komputasi.

Sedangkan, untuk teknologi informasi yang dapat diistilahkan dengan studi, desain, implementasi, dukungan, atau manajemen yang berbasis komputer. Bidang TI meliputi perangkat keras, lunak, database, dan jaringan.  Bidang teknologi informasi sering mengatur pemrosesan, penyimpanan, dan penyebaran informasi digital.
  
4. Contoh SI dan TI (storage, bidang bisnis)  dan  sejarah
Selanjutnya bagaimana contoh sistem informasi dan teknologi di kehidupan kita?
  Contoh Sistem Informasi
  1. Sistem reservasi pesawat terbang
  2.  Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan
  3.  Sistem biometrik
  4. Sistem layanan akademis berbasis Web
  5.   Sistem pertukaran data elektronis (Electronic Data Interchange atau EDI)
  6.  Layanan E-government
 Contoh Teknologi Informasi :
  1.  Spreadsheet, Database
  2. CD - ROM
  3. Notebook
  4.  Touchpad
  5.  Fingerprint
  6. USB 
Bagaimana sudah terbayang tentang apa itu Sistem Informasi dan Teknologi Informasi?
Saya akan lanjutkan dengan sejarah singkat tentang SI dan TI 

Tentang SI  :



Periode pertama: Pra Mekanik

Pada periode ini, komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun 3000-2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan pesan. Contohnya adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini Lebanon) menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan. Bangsa Romawi Kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini menjadi alfabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari papirus yang dilekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa Mesir Kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang disebut abakus.

Periode kedua: Mekanik

Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung data.

Periode ketiga: Elektromekanik

Pada masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.

Periode keempat: Elektronik

Jean Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet yang anda gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk pemerintah, penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi sosial. Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya. Mereka lalu menjual rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi secara massal.
Setelah keempat era ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Ditemukannya sistem operasi UNIX, komputer dari Apple, sistem operasi Windows, Linux, era website dan masih penemuan terbaru lainnya yang belum bisa kita sebutkan satu persatu. Semoga artikel penjelasan sejarah perkembangan sistem informasi di atas bisa menambah pengetahuan kamu di dunia komputer. 

Tentang TI :


 30 Juni 1945: John Von Neumann diterbitkan Draft Pertama Laporan di EDVAC, diskusi didokumentasikan pertama dari konsep program disimpan dan cetak biru untuk arsitektur komputer untuk hari ini.

22 Mei 1973: Bob Metcalfe "menulis memo menciptakan Ethernet" di Xerox XRX -1,10% Palo Alto Research Center (PARC).

Maret 1989: Tim Berners-Lee beredar "manajemen Informasi: Sebuah proposal" di CERN di mana ia dijelaskan sistem hypertext global.

   

5. Penerapan SI dan TI 
Penerapan SI :
  1. Sistem Informasi Bisnis
  2. Sistem Informasi Akuntansi
  3. Sistem Informasi E-Commerce 
  4. Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (Pemerintahan)
  5. Sistem Informasi Pelayaanan Rumah Sakit
  6. Sistem Informasi Manajemen

Penerapan TI :
Sains dan Teknik: Kemajuan teknologi di bidang-bidang seperti bioteknologi hampir seluruhnya tergantung pada penggunaan komputer dan perangkat mikroprosesor yang dikendalikan lainnya. Menggunakan superkomputer, ahli meteorologi memprediksi cuaca masa depan dengan menggunakan kombinasi pengamatan kondisi cuaca dari berbagai sumber, representasi matematis dari perilaku atmosfer, dan data geografis.  


  
Bisnis & Commerce: Penggantian Cash register dengan point-of-sale (POS) terminal. terminal POS ini tidak hanya mencetak tanda terima penjualan bagi pelanggan tetapi juga mengirimkan informasi ke database komputer ketika setiap item dijual untuk menjaga inventarisasi barang di tangan dan barang-barang yang akan dipesan. 

Pendidikan:. Dengan informasi lebih lanjut mendapatkan digital setiap hari, dan internet sehingga dapat diakses oleh siapa saja di seluruh dunia, siswa semakin mengandalkan sumber informasi elektronik bukan perpustakaan fisik untuk kebutuhan mereka.  

Pemerintahan : Konsep e-governance adalah salah satu aplikasi yang paling baru dari Teknologi Informasi dimana itu adalah mengubah kehidupan jutaan di seluruh dunia. Komputerisasi kegiatan Pemerintah membuatnya lebih mudah untuk mengawasi dan audit, dan membuat pemerintahan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat.  

Kesehatan: Teknologi Informasi berperan penting dalam pengobatan. Misalnya, scanner mengambil serangkaian gambar dari tubuh dengan cara komputerisasi axial tomography (CAT) atau magnetic resonance imaging (MRI).  

Entertainment: IT telah mengubah gaya hidup kebanyakan orang. Konvergensi dari berbagai teknologi telah menciptakan berbagai pilihan untuk hiburan seperti game, streaming musik dan video, siaran televisi digital, radio satelit, film animasi dll yang dapat diakses dengan bantuan ponsel, PDA, komputer notebook ponsel atau di televisi baik dengan koneksi kabel atau nirkabel menggunakan lebih baru generasi WiFi, CDMA atau GPRS teknologi. 

Sumber :
  1. http://images.slideplayer.com/23/6624605/slides/slide_37.jpg
  2. http://www.forbes.com/sites/gilpress/2013/04/08/a-very-short-history-of-information-technology-it/#60aeee5370a5
  3.  http://www.managementstudyguide.com/information-system-and-information-technology.htm
  4. https://www.floridatechonline.com/blog/information-technology/information-systems-vs-information-technology/ 
  5. http://narendro.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/19130/SI-1+Gambaran+SI+dan+TI-narendro.pdf.
  6. http://nyoman.staf.narotama.ac.id/files/2012/01/Konsep-Teknologi-Informasi.pdf
  7. https://mitpress.mit.edu/sites/default/files/titles/content/9780262015387_sch_0001.pdf
  8. http://www.londoninternational.ac.uk/sites/default/files/programme_resources/lse/lse_pdf/subject_guides/is1060_ch1-4.pdf (T. Cornford, M. Shaikh)
  9. http://www.gilang-ramadhan.net/2013/12/filosofi-sistem-dan-teknologi-informasi.html 
  10. http://www.fairmontstate.edu/files/u205/files/IS_CS_IT.pdf 
  11.  Paper PB FIRMAN - ‎2013 
  12. https://sites.google.com/site/viveklpm/information-technology-in-veterinary-science/applications-of-information-technology 
  13. https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=penerapan+sistem+informasi&hl=id&as_sdt=0,5&as_vis=1 
  14. http://belajar-komputer-mu.com/sejarah-perkembangan-sistem-informasi/

 

jibrilhp

Jibril Hartri Putra, Mahasiswa Gunadarma angkatan 2015 yang sedang berusaha menimba ilmu semaksimal mungkin dan memberikan manfaat bagi sesama untuk kemajuan bangsa Indonesia

12 komentar:

Bagaimana komentar Anda dengan tulisan ini ?